From malang To Bali (bag 2)
09.59

Kisah kedua dimulai disurabaya,hari itu tanggal 1 juni 2009 aku dah molai masuk di kantor indosat kayoon surabaya,sebelumnya aku berangkat ke surabaya hari minggu tanggal 30 mei aku ke sby sendiri, berangkat pagi2 karena besoknya aku dah harus kerja jadi hari ini aku dah harus dapet tempat kos kalau gak mau jadi gelandangan, aku tanya sana-sini sendirian akhirnya kudapet kos di dekat tunjungan plaza harganya ckup murah yaitu 100 ribu/bulan brrrrrr....,jauh ma kos2an di sawojajar, tapi emang tempatnya seperti penampungan pengungsi hueeksss, tapi gpp lah wong aku disini cuma sebulan kurang, yah akhirnya gua deal dan esoknya gua dah masuk ke indosat, hari pertama terasa menegangkan gue harus ketemu division head disitu... tapi gpp lah kan gue dah pernah di tes wawancara ma dy dulu jadi anggep seperti orang biasa aja.. habis ketemu Pak Bs(nama kerennya), gua diajak office tour ama sekretarisx diknalin ama orang2 kantor disitu, ada yang kayak artis dandanannya walopun dah setengah buaya eh baya ndeng, dan yang paling penting banyak mokleters disitu termasuk gue dari angkatan 10 sampai 15 ada, gua disitu termasuk yang paling muda dan ganteng, hehehe..., coz lainnya usianya diatas gue semua,, hari pertama masih gak ada yang berarti, tapi hari2 selanjutnya gua udah molai diajarin yang namanya otdr,nms,crossconect, nge-BER,splicing,dll. itulah bekal nantinya buat kerja yang sesungguhnya di bali.

Ini masih tentang di surabaya, pertengahan juni ada anak kuliah yang psg disitu kebetulan di kerjanya di ruang nms, hampir tiap berangkat pasti sama ama gue tibanya di kantor, sampai suatu dia tanya ama gue, dan dikira gue anak PSG sama kayak dia,
G=gue ,ce=anak cewek kuliahan yang psg
ce= Dek disini berapa lama??
g= sebulan mbak(dia kira gua juga anak psg)
ce=ohh masih sekolah ya??
g=iya di SMK TELKOM MALANG(dengan membusungkan dada).

trus habis tanya kayak gitu,dan kita mo masuk ke lantai 3 yang dimana pintu itu hanya bisa dibuka oleh orang yang punya id card, hehehe ini saat yang tepat buat nunjukin ke dy, mbak itu nyari2 satpam buat bukain pintu itu tapi sebelum dy keluar gua ambil dompet gua dan "tittt" tanda pintu telah terbuka dan mbak itu kaget n tanya ke gue "loh kok punya id card dek??" gue jawab "iya mbak saya disini sebulan trus ntar sya dipindah ke Bali untuk kerja disana." setelah itu mbak itu semakin menghujani gue dengan pertanyaan "kok bisa","gimana caranya",nglamar dimana"..

begitulah hari2ku kuhabiskan di sby dengan orang2 yang aneh2 seperti mas yuqo mas deni pa lagi mbak mitha yang selalu mafia war-an, tapi it's ok n akan menjadi pengalaman yang berarti buat gue..
0 comments

From Malang to Bali
17.57

Kisah pertama dimulai pada saat gue masih sekolah di SMK Telkom malang tercinta,hari-hari itu terasa semakin cepat, tugas akhir yang membuat diriku kurang terawat, akibatnya jadi timbul jerawat2 diwajahku2, semua anak kelas tiga sibuk mencari pembimbing mereka sendiri2 sampai pulang tengah malem, tapi gua sii nyantai aja coz pembimbing gua pak Boby, yang kata anak2 se gak enak orangnya. so gua hampir gak pernah konsultasi ama dia. singkat cerita tugas akhir sudah selesai dipresentasikan dan akupun mulai disibukkan dengan kegiatan baru yaitu ujian akhir semester yang harus dihadapi. dan singkat cerita juga ujianpun sudah selesai.inilah saat-saat yang aku mulai browsing sana sini cari lowongan kerja dimana-mana, kali pertama ada perusahaan yang bernama cyber akses yang berada di bali melakukan rekrutment di sekolahku, akupun ikut juga coz pekerjaannya tentang jaringan alias ISP mungkin,g tau juga sii.

sebenarnya sii gue kurang begitu berminat tapi gak pp lah ditunggu aja sambil mencari yang lain, dan tak berselang lama beberapa hari ada sebuah perusahaan di jakarta yang berjudul Pt.Addins juga melakukan rekrutment di sekul gue, gue pun ikut coz kayaknya gue tertarik kerja di jakarta, gue pun ikut tesnya yang dilakukan di aula, selama beberapa jam, tahap pertama lolos dan akhirnya ikut tes wawancara selanjutnya, setelah tes wawancara gue tinggal nunggu pengumuman aja , hari-hari termasuk hari santai mo masuk silahkan gak masuk silahkan, cuma ada bimbingan oracle dari pak Anton, setiap hari. yang masuk juga gak semua paling banyak yang cewek ama anak2 sekolah yang raji2 termasuk gue hwahaha.
Gue masuk paling lama dua jam-an lah abis itu gue abisin buat main olahraga kesukaan gue yaitu pingpong ma temeen gue yang juga temen sponsbob alias si petrik,kayaknya dia tiap hari latihan ama sponsbob jadi gue kalah kalo main ama dia. singkat cerita pengumumanpun udah ditempel dimading sekul gue, alangkah kagetnya gue liat nama gue gak ada disitu, gue liat kalo gak salah ada 8 anak yang diterima dan gue liat disitu ada nma temen sekamar gue si kharis dan juga yang sering main pingpong ama gue si petrik, haduhh gimana niii terpaksa gue browsing2 lagi buat nyari lowongan pekerjaan, sambil sering ke skul ngliat pengumuman di mading, apa ada perusahaan lagi yang mau rekrutment disini, tak berselang lama beberapa hari gua liat anak2 pada berkerumun di depan tempat pengumuman ternyata ada perusahaan yang berjudul pt.patinndo di malang yang butuh porgramer yang berminat langsung dateng ketempatnya buat dites, tapi gua gak ikut coz perusahaan itu di malang, selain itu juga gak terkenal, yang ikut ada temen gue si Siklum ama si Kampess, yang ketrima disitu, wajar mereka semua arema termasuk gue. hoaaaahhh, satu persatu temen kontrakan gue dah molai nentuin masa depan mereka molai dari si Prio yang udah dapet kerja di Spasi,si Saddam yang milih buat ngelanjutin kuliah di
STT,trus si kharis yang ketrima di pt.addins, tinggal gue ama satu lagi temen gue si Risga yang sampai sekarang gua belum tau nasibnya, gue pernah dibilangin ama ortu gue kayak gini " le lek golek kerjo seng cidek-cidek ae engko lek kepingin kuliah bapak ben iso nambahi" gua bilang "nggeh pak", tapi dalam hati kecil gue SAAT ITU gue gak pengen kerja dimalang gue lebih suka milih kerja di jakarta coz gua berpikiran biar lebih maju karir gua disana kelaknya. tiap hari gue hampir selalu online buat nyari lowongan disana sini. dan pada akhirnya gue nemu perusahaan yang berjudul pt. bahtera pesat lintas buana. yang buka lowongan buat BSS
dan tanpa pikir panjang gua langsung lamar aja, setelah melamar dua hari kemudian gua di telpon buat tes di surabaya yang tepatnya di gedung indosat lantai 3, dan gue inget banget hari itu hari jum'at yang dimana hari itu angkatan gue liburan ke Bali,, beberapa hari sebelum tes kepala gue bingung mikirin itu, dan akhirnya gue milih berangkat tes ke indosat ama si erdin. gue tiba di indosat pagi2 habis itu gue ikut jumatan di masjidnya indosat, dimana disitu gue ketemu ama pembawa acara Rahasia Sunnah, orang bule yang masuk islam yang berjudul Mas wahyu, abis jumatan gue langsung naik lantai 3 disitu gua bertemu ama group headnya untuk di tes, brrrrr deg-degan gue. abis selesai tes, gua ama si erdin n wily langsung cabut ke bungurasih buat nyari bis jurusan probolinggo dimana disitu gua berpikiran mau nyusul temen2 gue yang ke bali, huh.... akhirnya bisa juga gue ikut tes sekaligus liburan ke Bali. setelah pulang dari bali gua di beritahu kalo gue harus tes berikutnya yaitu tes psikotes dan kesehatan, dan singkat cerita gue ketrima disaaana di pt bahtera pesat lintas buana yang ternyata outsourcingnya indosat, yaa gak papalah, seneng banget gue udah dapet kerja, disitu gua berpikir bakal ditempatin di surabaya, eh ternyata tidak gua di surabaya cuma sebulan habis itu dipindah ke Bali......(bersambung)....
1 comments

Kebesaran Allah SWT, Kubah masjid terbang di Maluku
17.35

Assalamualakum wr.wb.

Sunggug Allah telah menunjukkan kebesarannya di tanah ini, tak disangka sangka kubah masjid itu melayang-layang di udara tanpa sebab apapun, sontak warga yang menyaksikan berzikir menyerukan nama Allah



2 comments

SWine Flu
23.18



Flu babi (swine flu) merupakan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini sebenarnya jamak menyerang ternak babi, namun kini telah mengalami perubahan yang drastis dan mampu untuk menginfeksi manusia. Gejala yang timbul pada manusia pun mirip dengan apa yang terjadi pada babi.

Flu babi pertama kali diisolasi dari seekor babi yang terinfeksi pada tahun 1930 di Amerika Serikat. Pada perkembangannya, penyakit ini dapat berpindah ke manusia terutama menyerang mereka yang kontak dekat dengan babi. Lama tidak terdengar lagi kabarnya ternyata virus ini mengalami serangkaian mutasi sehingga muncul varian baru yang pertama kali menyerang manusia di Meksiko pada awal tahun 2009. Varian baru ini dikenal dengan nama virus H1N1 yang merupakan singkatan dari dua antigen utama virus yaitu hemagglutinin tipe 1 dan neuraminidase tipe 1.

Apa saja gejala flu babi?

Gejala utama flu babi mirip dengan gejala influenza pada umumnya seperti : demam, batuk, pilek, letih dan sakit kepala. Beberapa pasien dapat mengalami mual, muntah dan diare.

Penyakit ini dapat jatuh ke arah yang lebih buruk sehingga pasien mengalami kesulitan untuk bernafas dan memerlukan alat bantu nafas (ventilator). Bila ada bakteri yang ikut ikutan menginfeksi paru paru maka pasien dapat mengalami radang paru paru atau pneumonia. Beberapa diantaranya dapat mengalami gejala kejang kejang. Kematian umumnya terjadi karena adanya infeksi sekunder bakteri pada paru paru sehingga diperlukan antibiotika yang pas untuk mengatasi infeksi tersebut.

Bagaimana mendiagnosa flu babi?

Diagnosa flu babi ditegakan berdasarkan gejala klinis pasien dan riwayat kontak dengan mereka meraka yang memiliki gejala seperti diatas. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan lendir atau dahak yang berasal dari tenggorokan pasien. Pemeriksaan ini gunanya untuk membedakan apakah virus yang menginfeksi penderita tersebut termasuk virus tipe A atau B. Bila ternyata hasilnya adalah virus tipe B maka dapat dipastikan bahwa pasien tersebut bukan terinfeksi flu babi. Namun bila ternyata hasilnya adalah virus tipe A maka ada kemungkinan penderita tersebut menderita flu babi atau terinfeksi virus H1N1. Sampel ini selanjutnya dikirim ke laboratorium yang lebih lengkap untuk memastikan adanya antigen virus flu babi sehingga diagnosa flu babi dapat ditegakan dengan pasti.

Seberapa lama masa penularan virus flu babi?

Orang yang menderita flu babi A (H1N1) menurut para ahli akan tetap menularkan penyakitnya sampai hari ketujuh. Jika sampai hari ketujuh ternyata penyakitnya belum membaik maka dianggap orang tersebut masih dapat menularkan penyakitnya sampai gejala flu benar benar hilang. Anak anak khususnya balita memiliki potensi waktu penularan yang lebih panjang.

Periode penularan penyakit flu babi masih terggantung lagi pada jenis atau strain dari virus H1N1. Jika pasien di rawat di rumah maka dianjurkan untuk tidak keluar rumah dahulu sampai penyakit yang diderita benar benar sembuh kecuali yang bersangkutan segera ke dokter atau ke rumah sakit.

Bagaimana mengobati flu babi?

Meskipun telah lama ditemukan vaksin untuk mencegah penularan virus influenza, namun vaksin untuk virus flu babi (H1N1) sampai saat ini belum ada. Saat ini beberapa laboratorium pemerintah yang dibiayai oleh WHO sedang mengembangkan penelitian untuk menemukan vaksin virus flu babi.

Dua obat anti virus yang dipercaya mampu mencegah bertambah parahnya flu babi adalah zanamivir (Relenza) dan oseltamivir (Tamiflu). Penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan karena ditakutkan akan terjadi resistensi virus terhadap kedua obat tersebut. Obat ini juga tidak direkomendasikan untuk gejala flu yang telah muncul lebih dari 48 jam. Pada keadaan yang berat, pasien mungkin membutuhkan penanganan intensif lebih lanjut di rumah sakit.

Bagaimana cara mencegah penularan flu babi?

Cara paling ampuh untuk mencegah penularan virus flu babi pada prinsipnya sama dengan cara mencegah penularan virus influenza yang lain yaitu vaksinasi. Sayangnya vaksin untuk flu babi sampai saat ini belum ditemukan.

Cara lain untuk mencegah penularan virus ini adalah dengan meminimalisir kontak dengan virus seperti mencuci tangan sesering mungkin, jangan menyentuh wajah anda terutama hidung dan mulut serta menghindari kontak dekat dengan orang yang sedang menderita flu.

Pencegahan penularan juga bisa dilakukan oleh mereka yang telah terinfeksi dengan cara : menghindari keramaian dan selalu tinggal di rumah. Jangan bekerja dan bersekolah dahulu sampai keadaan membaik. Hindari bersin, batuk dan berbicara terlalu dekat dengan orang lain.
0 comments

8.27.2009

From malang To Bali (bag 2)

Kisah kedua dimulai disurabaya,hari itu tanggal 1 juni 2009 aku dah molai masuk di kantor indosat kayoon surabaya,sebelumnya aku berangkat ke surabaya hari minggu tanggal 30 mei aku ke sby sendiri, berangkat pagi2 karena besoknya aku dah harus kerja jadi hari ini aku dah harus dapet tempat kos kalau gak mau jadi gelandangan, aku tanya sana-sini sendirian akhirnya kudapet kos di dekat tunjungan plaza harganya ckup murah yaitu 100 ribu/bulan brrrrrr....,jauh ma kos2an di sawojajar, tapi emang tempatnya seperti penampungan pengungsi hueeksss, tapi gpp lah wong aku disini cuma sebulan kurang, yah akhirnya gua deal dan esoknya gua dah masuk ke indosat, hari pertama terasa menegangkan gue harus ketemu division head disitu... tapi gpp lah kan gue dah pernah di tes wawancara ma dy dulu jadi anggep seperti orang biasa aja.. habis ketemu Pak Bs(nama kerennya), gua diajak office tour ama sekretarisx diknalin ama orang2 kantor disitu, ada yang kayak artis dandanannya walopun dah setengah buaya eh baya ndeng, dan yang paling penting banyak mokleters disitu termasuk gue dari angkatan 10 sampai 15 ada, gua disitu termasuk yang paling muda dan ganteng, hehehe..., coz lainnya usianya diatas gue semua,, hari pertama masih gak ada yang berarti, tapi hari2 selanjutnya gua udah molai diajarin yang namanya otdr,nms,crossconect, nge-BER,splicing,dll. itulah bekal nantinya buat kerja yang sesungguhnya di bali.

Ini masih tentang di surabaya, pertengahan juni ada anak kuliah yang psg disitu kebetulan di kerjanya di ruang nms, hampir tiap berangkat pasti sama ama gue tibanya di kantor, sampai suatu dia tanya ama gue, dan dikira gue anak PSG sama kayak dia,
G=gue ,ce=anak cewek kuliahan yang psg
ce= Dek disini berapa lama??
g= sebulan mbak(dia kira gua juga anak psg)
ce=ohh masih sekolah ya??
g=iya di SMK TELKOM MALANG(dengan membusungkan dada).

trus habis tanya kayak gitu,dan kita mo masuk ke lantai 3 yang dimana pintu itu hanya bisa dibuka oleh orang yang punya id card, hehehe ini saat yang tepat buat nunjukin ke dy, mbak itu nyari2 satpam buat bukain pintu itu tapi sebelum dy keluar gua ambil dompet gua dan "tittt" tanda pintu telah terbuka dan mbak itu kaget n tanya ke gue "loh kok punya id card dek??" gue jawab "iya mbak saya disini sebulan trus ntar sya dipindah ke Bali untuk kerja disana." setelah itu mbak itu semakin menghujani gue dengan pertanyaan "kok bisa","gimana caranya",nglamar dimana"..

begitulah hari2ku kuhabiskan di sby dengan orang2 yang aneh2 seperti mas yuqo mas deni pa lagi mbak mitha yang selalu mafia war-an, tapi it's ok n akan menjadi pengalaman yang berarti buat gue..

8.25.2009

From Malang to Bali

Kisah pertama dimulai pada saat gue masih sekolah di SMK Telkom malang tercinta,hari-hari itu terasa semakin cepat, tugas akhir yang membuat diriku kurang terawat, akibatnya jadi timbul jerawat2 diwajahku2, semua anak kelas tiga sibuk mencari pembimbing mereka sendiri2 sampai pulang tengah malem, tapi gua sii nyantai aja coz pembimbing gua pak Boby, yang kata anak2 se gak enak orangnya. so gua hampir gak pernah konsultasi ama dia. singkat cerita tugas akhir sudah selesai dipresentasikan dan akupun mulai disibukkan dengan kegiatan baru yaitu ujian akhir semester yang harus dihadapi. dan singkat cerita juga ujianpun sudah selesai.inilah saat-saat yang aku mulai browsing sana sini cari lowongan kerja dimana-mana, kali pertama ada perusahaan yang bernama cyber akses yang berada di bali melakukan rekrutment di sekolahku, akupun ikut juga coz pekerjaannya tentang jaringan alias ISP mungkin,g tau juga sii.

sebenarnya sii gue kurang begitu berminat tapi gak pp lah ditunggu aja sambil mencari yang lain, dan tak berselang lama beberapa hari ada sebuah perusahaan di jakarta yang berjudul Pt.Addins juga melakukan rekrutment di sekul gue, gue pun ikut coz kayaknya gue tertarik kerja di jakarta, gue pun ikut tesnya yang dilakukan di aula, selama beberapa jam, tahap pertama lolos dan akhirnya ikut tes wawancara selanjutnya, setelah tes wawancara gue tinggal nunggu pengumuman aja , hari-hari termasuk hari santai mo masuk silahkan gak masuk silahkan, cuma ada bimbingan oracle dari pak Anton, setiap hari. yang masuk juga gak semua paling banyak yang cewek ama anak2 sekolah yang raji2 termasuk gue hwahaha.
Gue masuk paling lama dua jam-an lah abis itu gue abisin buat main olahraga kesukaan gue yaitu pingpong ma temeen gue yang juga temen sponsbob alias si petrik,kayaknya dia tiap hari latihan ama sponsbob jadi gue kalah kalo main ama dia. singkat cerita pengumumanpun udah ditempel dimading sekul gue, alangkah kagetnya gue liat nama gue gak ada disitu, gue liat kalo gak salah ada 8 anak yang diterima dan gue liat disitu ada nma temen sekamar gue si kharis dan juga yang sering main pingpong ama gue si petrik, haduhh gimana niii terpaksa gue browsing2 lagi buat nyari lowongan pekerjaan, sambil sering ke skul ngliat pengumuman di mading, apa ada perusahaan lagi yang mau rekrutment disini, tak berselang lama beberapa hari gua liat anak2 pada berkerumun di depan tempat pengumuman ternyata ada perusahaan yang berjudul pt.patinndo di malang yang butuh porgramer yang berminat langsung dateng ketempatnya buat dites, tapi gua gak ikut coz perusahaan itu di malang, selain itu juga gak terkenal, yang ikut ada temen gue si Siklum ama si Kampess, yang ketrima disitu, wajar mereka semua arema termasuk gue. hoaaaahhh, satu persatu temen kontrakan gue dah molai nentuin masa depan mereka molai dari si Prio yang udah dapet kerja di Spasi,si Saddam yang milih buat ngelanjutin kuliah di
STT,trus si kharis yang ketrima di pt.addins, tinggal gue ama satu lagi temen gue si Risga yang sampai sekarang gua belum tau nasibnya, gue pernah dibilangin ama ortu gue kayak gini " le lek golek kerjo seng cidek-cidek ae engko lek kepingin kuliah bapak ben iso nambahi" gua bilang "nggeh pak", tapi dalam hati kecil gue SAAT ITU gue gak pengen kerja dimalang gue lebih suka milih kerja di jakarta coz gua berpikiran biar lebih maju karir gua disana kelaknya. tiap hari gue hampir selalu online buat nyari lowongan disana sini. dan pada akhirnya gue nemu perusahaan yang berjudul pt. bahtera pesat lintas buana. yang buka lowongan buat BSS
dan tanpa pikir panjang gua langsung lamar aja, setelah melamar dua hari kemudian gua di telpon buat tes di surabaya yang tepatnya di gedung indosat lantai 3, dan gue inget banget hari itu hari jum'at yang dimana hari itu angkatan gue liburan ke Bali,, beberapa hari sebelum tes kepala gue bingung mikirin itu, dan akhirnya gue milih berangkat tes ke indosat ama si erdin. gue tiba di indosat pagi2 habis itu gue ikut jumatan di masjidnya indosat, dimana disitu gue ketemu ama pembawa acara Rahasia Sunnah, orang bule yang masuk islam yang berjudul Mas wahyu, abis jumatan gue langsung naik lantai 3 disitu gua bertemu ama group headnya untuk di tes, brrrrr deg-degan gue. abis selesai tes, gua ama si erdin n wily langsung cabut ke bungurasih buat nyari bis jurusan probolinggo dimana disitu gua berpikiran mau nyusul temen2 gue yang ke bali, huh.... akhirnya bisa juga gue ikut tes sekaligus liburan ke Bali. setelah pulang dari bali gua di beritahu kalo gue harus tes berikutnya yaitu tes psikotes dan kesehatan, dan singkat cerita gue ketrima disaaana di pt bahtera pesat lintas buana yang ternyata outsourcingnya indosat, yaa gak papalah, seneng banget gue udah dapet kerja, disitu gua berpikir bakal ditempatin di surabaya, eh ternyata tidak gua di surabaya cuma sebulan habis itu dipindah ke Bali......(bersambung)....

8.10.2009

Kebesaran Allah SWT, Kubah masjid terbang di Maluku

Assalamualakum wr.wb.

Sunggug Allah telah menunjukkan kebesarannya di tanah ini, tak disangka sangka kubah masjid itu melayang-layang di udara tanpa sebab apapun, sontak warga yang menyaksikan berzikir menyerukan nama Allah



8.09.2009

SWine Flu



Flu babi (swine flu) merupakan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini sebenarnya jamak menyerang ternak babi, namun kini telah mengalami perubahan yang drastis dan mampu untuk menginfeksi manusia. Gejala yang timbul pada manusia pun mirip dengan apa yang terjadi pada babi.

Flu babi pertama kali diisolasi dari seekor babi yang terinfeksi pada tahun 1930 di Amerika Serikat. Pada perkembangannya, penyakit ini dapat berpindah ke manusia terutama menyerang mereka yang kontak dekat dengan babi. Lama tidak terdengar lagi kabarnya ternyata virus ini mengalami serangkaian mutasi sehingga muncul varian baru yang pertama kali menyerang manusia di Meksiko pada awal tahun 2009. Varian baru ini dikenal dengan nama virus H1N1 yang merupakan singkatan dari dua antigen utama virus yaitu hemagglutinin tipe 1 dan neuraminidase tipe 1.

Apa saja gejala flu babi?

Gejala utama flu babi mirip dengan gejala influenza pada umumnya seperti : demam, batuk, pilek, letih dan sakit kepala. Beberapa pasien dapat mengalami mual, muntah dan diare.

Penyakit ini dapat jatuh ke arah yang lebih buruk sehingga pasien mengalami kesulitan untuk bernafas dan memerlukan alat bantu nafas (ventilator). Bila ada bakteri yang ikut ikutan menginfeksi paru paru maka pasien dapat mengalami radang paru paru atau pneumonia. Beberapa diantaranya dapat mengalami gejala kejang kejang. Kematian umumnya terjadi karena adanya infeksi sekunder bakteri pada paru paru sehingga diperlukan antibiotika yang pas untuk mengatasi infeksi tersebut.

Bagaimana mendiagnosa flu babi?

Diagnosa flu babi ditegakan berdasarkan gejala klinis pasien dan riwayat kontak dengan mereka meraka yang memiliki gejala seperti diatas. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan lendir atau dahak yang berasal dari tenggorokan pasien. Pemeriksaan ini gunanya untuk membedakan apakah virus yang menginfeksi penderita tersebut termasuk virus tipe A atau B. Bila ternyata hasilnya adalah virus tipe B maka dapat dipastikan bahwa pasien tersebut bukan terinfeksi flu babi. Namun bila ternyata hasilnya adalah virus tipe A maka ada kemungkinan penderita tersebut menderita flu babi atau terinfeksi virus H1N1. Sampel ini selanjutnya dikirim ke laboratorium yang lebih lengkap untuk memastikan adanya antigen virus flu babi sehingga diagnosa flu babi dapat ditegakan dengan pasti.

Seberapa lama masa penularan virus flu babi?

Orang yang menderita flu babi A (H1N1) menurut para ahli akan tetap menularkan penyakitnya sampai hari ketujuh. Jika sampai hari ketujuh ternyata penyakitnya belum membaik maka dianggap orang tersebut masih dapat menularkan penyakitnya sampai gejala flu benar benar hilang. Anak anak khususnya balita memiliki potensi waktu penularan yang lebih panjang.

Periode penularan penyakit flu babi masih terggantung lagi pada jenis atau strain dari virus H1N1. Jika pasien di rawat di rumah maka dianjurkan untuk tidak keluar rumah dahulu sampai penyakit yang diderita benar benar sembuh kecuali yang bersangkutan segera ke dokter atau ke rumah sakit.

Bagaimana mengobati flu babi?

Meskipun telah lama ditemukan vaksin untuk mencegah penularan virus influenza, namun vaksin untuk virus flu babi (H1N1) sampai saat ini belum ada. Saat ini beberapa laboratorium pemerintah yang dibiayai oleh WHO sedang mengembangkan penelitian untuk menemukan vaksin virus flu babi.

Dua obat anti virus yang dipercaya mampu mencegah bertambah parahnya flu babi adalah zanamivir (Relenza) dan oseltamivir (Tamiflu). Penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan karena ditakutkan akan terjadi resistensi virus terhadap kedua obat tersebut. Obat ini juga tidak direkomendasikan untuk gejala flu yang telah muncul lebih dari 48 jam. Pada keadaan yang berat, pasien mungkin membutuhkan penanganan intensif lebih lanjut di rumah sakit.

Bagaimana cara mencegah penularan flu babi?

Cara paling ampuh untuk mencegah penularan virus flu babi pada prinsipnya sama dengan cara mencegah penularan virus influenza yang lain yaitu vaksinasi. Sayangnya vaksin untuk flu babi sampai saat ini belum ditemukan.

Cara lain untuk mencegah penularan virus ini adalah dengan meminimalisir kontak dengan virus seperti mencuci tangan sesering mungkin, jangan menyentuh wajah anda terutama hidung dan mulut serta menghindari kontak dekat dengan orang yang sedang menderita flu.

Pencegahan penularan juga bisa dilakukan oleh mereka yang telah terinfeksi dengan cara : menghindari keramaian dan selalu tinggal di rumah. Jangan bekerja dan bersekolah dahulu sampai keadaan membaik. Hindari bersin, batuk dan berbicara terlalu dekat dengan orang lain.